Minggu, 07 Februari 2016

pengertian dan definisi interpolasi

Sumber Gambar : Gis 48 Apa itu interpolasi? Interpolasi adalah suatu metode atau fungsi matematika yang mengestimasikan/prediksi... thumbnail 1 summary


Sumber Gambar : Gis 48
Apa itu interpolasi?
Interpolasi adalah suatu metode atau fungsi matematika yang mengestimasikan/prediksi nilai pada lokasi-lokasi yang datanya tidak tersedia atau tidak diperoleh pada sampel data yang diambil. Interpolasi spasial mengasumsikan bahwa atribut data bersifat kontinu di dalam ruang dan atribut ini saling berhubungan secara spasial.

Pendugaan atribut data atau estimasi dapat dilakukan berdasarkan lokasi-lokasi di sekitarnya dan nilai pada titik-titik yang berdekatan akan lebih mirip dari pada nilai pada titik-titik yang terpisah lebih jauh

Definisi lainnya Interpolasi adalah metode untuk mendapatkan data berdasarkan beberapa data yang telah diketahui. Dalam ruang lingkup pemetaan interpolasi adalah proses estimasi nilai pada wilayah yang tidak disampel atau diukur, sehingga terbuatlah peta atau sebaran nilai pada seluruh wilayah. Didalam melakukan interpolasi, sudah pasti dihasilkan sebuah bias dan error. (dikutip dari http://gis48.blogspot.com )

Ada beberapa metode interpolasi yang sering digunakan dalam SIG, masing masing metode memiliki karakteristik serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. metode interpolasi pada SIG antara lain Inverse Distance Weighted (IDW), Natural Neighbor, Kriging dan Spline.

untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dan definisi dari Interpolasi dapat dibaca disini 

1 komentar